Tuesday 25 December 2012

5 cm

Film Indonesia.

Dengernya sebenarnya sudah ngga tertarik yah. Mengingat film Indonesia sebagian besar diisi dengan horor atau mesum.

Memang ada beberapa film yang akhirnya mendongkrak per film-an Indonesia, seperti Ada Apa dengan Cinta, atau Laskar Pelangi. Namun rasanya belum seberapa dengan film mesum dan horor yang ngeTren banget di Indonesia.

Jadi ceritanya, kemarin gw ngajakin temen dan ade gw buat nonton film Indonesia, 5cm. Ade gw si nurut aja, taulah gw nggak akan ajak dia nonton film yang aneh dan ga bagus. Temen gw nih yang langsung bilang, " males ah nonton film Indonesia. Yang lain deh, kan banyak"

Nah, ceritanya awalnya gw juga berfikir film ini ga bagus, sampai gw ngga sengaja baca twit para selebtwit bahwa film 5 cm bagus! Sinematografinya, ceritanya, pemainnya, dll bagus. Nah, krn penasaran, gw coba meyakinkan temen gw bahwa ni film tuh emang bakalan bagus.

Walaupun dengan males, temen gw akhirnya ikut juga nonton film 5 cm. dan Taraaaaaaaaa gw jamin dia ngga nyesel, begitu juga gw.

Film ini menceritakan persahabatan 5 orang yang masing- masing sebenernya punya mimpi, tapi ketahan karena lingkup hidup mereka yang hanya 5 orang ini, jadi mreka ga bsa lihat hal yang lebih luas.

Akhirnya, mereka memutuskan buat berpisah dlu selama 3 bulan, buat nantinya akan ketemu lagi tanpa tahu dimana dan ngapain, Genta, salah satu pemain yg dimainkan oleh Fedi Nuril yang arrage perjalanan mereka.

3 bulan berikutnya mereka ketemu di stasiun senen. Perjalanan mereka tuh naik kereta api ekonomi Mataremaja ke Malang ( gw selalu lebih tertarik dengan hal- hal yg berhubungan dengan Malang, krn gw orang Malang). Turun di Malang mereka ke arah tumpang dan ke Mahameru.

*jujur, sebagai orang Malang, gw sama sekali ngga kepikiran buat ke Mahameru. Kalau Bromo, semeru, ranu pane, panderman, dll, gw kepikiran banget! tapi mahameru? ngga pernah terlintas sekalipun*

Singkatnya setelah berjam- jam jalan kaki, mereka sampai juga di Mahameru. Gw sempat kaget dan mengira film ini adalah sad ending, pas salah satu dr mereka sempat mati, walau ternyata enggak.

Yang bagus dr film ini, eksplorasi pemandangan film ini, super kerennn!!! Gue ngga bisa jelasin keindahannya sampai kalian bener2 nonton.

Endingnya yang sangat ga tertebak. Awalnya gw pikir si A akan jadian dengan B karena saling suka, ternyata ada cinta segi empat diantara mereka, walau hanya dieksplor pada ending cerita aja.

Film ini juga mengeksplor akan mimpi. Dimana mimpi itu kita harus letakkan 5 cm didepan kening kita, jadi kita bisa jalan dan gapai mimpi kita. Fokus ke satu tujuan, yaitu mimpi kita.

"Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu. Dan, sehabis itu yang kamu perlu cuma.... cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, dan serta mulut yang akan selalu berdoa.
Dan kamu akan selalu dikenang sebagai seorang yang masih punya mimpi dan keyakinan, bukan cuma seonggok daging yang punya nama..Dan kamu nggak perlu bukti apakah mimpi-mimpi itu akan terwujud nantinya karena kamu hanya harus mempercayainya."



No comments:

Post a Comment