Tuesday 28 April 2009

presepsi orang Indonesia


Sebagai orang Indonesia yang memang diajarkan cara- cara untuk bebudaya Indonesia,, secara tidak langsung, aku hampir selalu "judge book by the over".
Aku sangat sadar, kalau itu sebnarnya nggak baik, dan harusnya dihilangkan dalam diri manusia.. Tapi susah ya kayana, sebagai orang Indonesia yang harus belajar menghilangkan sifat- sifat nggak baik dalam hidup itu..

Cerita ini mencerminkan sifat orang Indonesia (termasuk gueh!) dalam judje the book by cover...
Foto yang terpampang jelas itu adalah foto abangku, Tumpal Sigalingging. Ceritanya, tadi pagi aku aku nganterin tuh abang ke bank HSBC di kelapa gading.
Liat deh tampang abangku ituh, benar- benar tampang orang yang nggak keurus. Mana ada coba yang percaya kalau dia mau masuk ke bank tempat bos- bos menyimpan uangnya.
Sebelum masuk tuh bank, gue udah bilang ke abang gue!!
Gue: "Bang, kok kita kaya nge-gembel gini ya???"
Abang: Hahahaha... Iya neh, pake celana pendek dan sandal padahal mau masuk ke premier.
Gue:*NGgak menyangka rupa- rupanya, di HSBC itu ada 2 tempat yang berbeda. Satunya HSBC Premier, yang satunya HSBC biasa. Nah, abangku ternyata punya tabungan di HSBC premier yang katanya tempatnya para bos- bos menabung*

Karena binggung,gue diem aja sampai berhenti di depan pintu masuk yang ada banyak satpam. Ada 3 satpam duduk- duduk dengan manisnya di depan pintu..
Satpam: Mau ngapai pak? (langsung berdiri setelah melihat abang gue mau ngebuka pintu)
Abang: Mau ambil ATM pak!
Satpam: *kebingungan.. saling lihat sama teman yang lainnya*
Satpam lain: Oh, bentar ya pak!
Abang: Iya..
Satpam: Ketemu sama receptionisnya dulu aja pak!
Abang: Langsung buka tuh pintu n masuk buat ketemu recptionisnya.

Receptionis: *dengan muka rada kaget*
Abang: Saya mau ambil ATM. Kemarin sudahdibuat di Bandung, dan sekarang mau mengambil di sini. Bisa kan mbak?
Receptionis: Oh, ya pak. Ada KTPnya?
Abang: Waduh, KTP saya hilang mbak. Pake SIM saja ya!
REceptionis: NGgak bisa pak. HArus KTP (padahal setelah diselidik- demi selidik. Apa sih bedanya KTP sama SIM??? Sama aja kale?? Itu sama- sama identitas diri!! Gimana sih Indonesia ini!!!)
Abang: Yah, pasport aja deh!
Recepttionis: Oh ya, nggak papa pak.. (dengan tampang still not sure!!)

Gue baru menyadari, abang gue memakai cela pendek, kaos dan sandal. Sedangkan semua orang yang datang kesana saat itu memakai kemeja keren, celana kain, sepatu kantor, balckberry, dan terkesan sibuk!!

Walah- walah!!! APa iya kalau dandananannya biasa aja,,nggak percaya kalau lagi banyak duit??? Tapi walaupun kamu nggak ada duit, yang penting gayamu bagus,,, mungkinkah kita bakal dikira kaya di Indonesia???

1 comment:

  1. BIAR ORANG YANG MENILAI ITU KAPOK, YA KITA HARUS SIAP SEMUA YANG DIPERLUKAN TERMASUK KATEPE. BIAR TIDAK ADA CELAH BAGI PIHAK LAIN NGECE KITA. TAPI YAH ITULAH INDONESIA

    ReplyDelete